Lupin MBN - Etty Susilowati
Etty Susilowati - Berkarya untuk Indonesia

Enter your keyword

PT Lupin Mitra Bakti Nusantara

Lupin MBN

IN Bisnis Usaha
Pendiri:
DR. Etty Susilowati, SE. MM.
Lokasi:
Jakarta, Indonesia
Sejak:
2014

English Switch to English

Lupin Mitra Bakti Nusantara atau Lupin MBN, didirikan pada tahun 2014 oleh DR.Etty Susilowati, SE. MM. yang bertindak sebagai Chief Executive Officer (CEO). PT Lupin MBN adalah sebuah perusahaan yang berfokus pada produsen biji Lupin berkualitas tertinggi untuk menjadi bahan produksi makanan yang kaya akan gizi dan serat.

Usaha ini bermula dari niat untuk membantu para pengusaha dan pengrajin makanan khususnya tempe yang bergantung pada bahan baku produksi makanan yaitu berbahan kacang kedelai. Harga bahan baku pembuat tempe yang sangat tinggi ini menyebabkan pengusaha dan pengrajin makanan sangat tertekan dalam biaya produksi.

Untuk membantu mencari bahan alternatif kedelai, Lupin MBN melakukan survey dan riset dengan mencari bahan alternatif biji-bijian ini dimana harus memiliki kadar dan kandungan yang sama atau lebih tinggi dari kedelai.

Lupin MBN akhirnya mendapatkan salah satu jenis biji-bijian di dunia yang saat ini menjadi alternatif kedelai dimana kandungan gizinya sama bahkan lebih dari kacang Kedelai yaitu kacang Lupin.

Pada tahun 2012 sampai 2014 DR.Etty Susilowati, SE. MM. bertindak sebagai konsultan untuk Lupin Food Australia. Pada tahun 2014 sampai 2015 DR.Etty Susilowati, SE. MM. bertindak sebagai Chief Executive Officer (CEO) wilayah Indonesia.
Lupin Food Australia (LFA), berdiri tahun 2012, merupakan perusahaan makanan yang fokusnya mengembangkan Lupin kualitas terbaik sebagai makanan yang kaya nutrisi dan enak rasanya.

Lupin Foods Australia adalah anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki oleh Koperasi Bulk Handling Limited (“CBH Grup”), sebuah koperasi yang dimiliki oleh petani gandum Australia Barat.

Menjadi bagian dari Group CBH berarti bahwa Lupin Foods Australia (LFA) memiliki kepentingan langsung dalam memastikan bahwa Lupin yang diproses bersumber dari petani yang menggunakan sistem pertanian yang ramah lingkungan, menjamin hanya Lupin dengan kualitas terbaik yang dijadikan sebagai bahan makanan ringan dan makanan super lainnya.

Dari analisa yang sudah dilakukan oleh Agrifood Technology, sample kacang lupin yang dimasak secara cepat menghasilkan kesimpulan data seperti di bawah ini:

Informasi Nilai Gizi

Energi Total   : 1398 kJ/100 g
Lemak Total   : 7,3 g/100 g
– Lemak Jenuh                         : 1,5 g/100 g
– Lemak Tak Jenuh Tunggal : 3,2 g/100 g
– Lemak Tak Jenuh Ganda    : 2,6 g/100 g
– Lemak Trans                          : <0,1 g/100 g

Kolesterol       : <0,1 mg/100 g
Protein            : 40,7 g/100 g
Karbohidrat   : 10,8 g/100 g
Serat Pangan : 31,4 %
Gula                 : 3,6 %
Natrium          : 720 mg/100 g
Kalium            : 960 mg/100 g
Kalsium          : 82 mg/100 g