JTE Kembangkan Infrastruktur Energi Listrik Terbarukan

Perum Jasa Tirta I (PJT I), BUMN pengelola sumber daya air membentuk anak usaha baru bernama PT Jasa Tirta Energi (JTE). Anak usaha ini membidik sektor pengembangan listrik yang bersumber dari energi baru terbarukan. Presiden Direktur PT Jasa Tirta Energi, Etty Susilowati mengatakan, pihaknya akan mengembangkan konsep Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTM) ke beberapa wilayah Indonesia. Pengembangan ini mengacu pada keberhasilan PLTM Lodagung yang berkapasitas 2 x 650 kW. PLTM Lodagung merupakan PLTM pertama yang dioperasikan JTE.

PLTM Lodagung memanfaatkan teknologi sistem intake yang baru pertamakali digunakan di Indonesia. “Sistem intake ini memanfaatkan tekanan negatif, sama seperti saat kita memindahkan minyak menggunakan selang,” ujar dia disela ajang pameran Indobuild Tech 2019, di ICE BSD City, Rabu 20 Maret. Etty menambahkan, JTE berencana mengembangkan konsep PLTM tersebut untuk diterapkan pada sejumlah bendungan di Indonesia. “Kita targetkan 7-8 waduk untuk dikembangkan PLTM,” ujar dia. Waduk tersebut tersebar di daerah Jawa Timur, Jawa Tengah dan
Sumatera. “Kita juga akan melebarkan proyek pengembangan energi listrik terbarukan ini ke wilayah timur Indonesia,” ujar dia. Beberapa klien yang telah mengadakan kerjasama antara lain PT Wijaya Karya, PT Adhi Karya, PT Waskita Karya, PT Hutama Karya, PT Pembangunan Perumahan, PT Brantas Bipraya, PT Pertamina (Persero) RU IV Cilacap, PT Indonesia Power, PT Pembangkitan Jawa Bali (PJB) serta beberapa klien swasta nasional. “Hadirnya JTE bersama-sama BUMN lain diharapkan dapat berkontribusi mewujudkan ketahanan energi dan mempercepat realisasi integrasi infrastruktur di seluruh wilayah Indonesia,”
tutupnya. n

 

Leave a Comment

Your email address will not be published.